Tips merawat AC, Droop Voltage, Temperatur, Beban Panas Ruang AC, Vakum Body (compressor)

Tips merawat AC
Sedikit mengulas mengenai perawatan Air conditioner yang mungkin perlu di ketahui pemilik AC agar AC di rumah anda tetap terjaga dengan baik. Karena fungsi dari AC adalah untuk mendapatkan kesejukan udara di dalam ruangan.
Tip merawat AC agar tidak cepat rusak dan menghemat biaya perawatan AC adalah :
1. Bersihkan filter AC indoor sebulan sekali.
2. Penambahan Freon AC hanya di lakukan bila terdapat kebocoran pada unit AC., dan di lakukan pengecekan oleh tekhnisi AC dengan alat pengukur AC.
3. Jangan menunggu AC tidak dingin untuk di service lakukan perawatan AC (indoor dan out door) minimal 3 bulan sekali bila pemakaian nya rutin.
4. Periksa saluran pembuangan air AC bila sudah terlihat air menetes dari indoor.
5. Setting remote AC seperlunya jangan mensetting suhu AC di bawah 20 0 C.
6. Konsultasikan kepada ahlinya bila terdapat gejala-gejala AC tidak normal
7. Hubungi tekhnisi AC yang dekat dengan lokasi anda

Tanya-jawab 

Saya punya AC panasonic. kompressornya tidak kerja karena panas sekali.ac saya matikan saya tunggu sampai dingin.setelah dingin saya ukur tekanan freonnya nol.setelah saya tambahi sedikit-demi sedikit tekanannya tidak nambah tapi malah berkurang, bahkan mencapai minus 40 psi.saya tambah-tambah lagi sama aja hasilnya. Apa penyebab dan bagaimana mengatasinya? mohon penjelasan. thanks berat. Masalah AC Panasonic Melihat Gejala yang terjadi pada AC Polytron sepertimya terjadi kebuntuan/macet gara-gara si komo lewat pada saat pemasangan kompresor harus hati-hati sekali karena terdapat sedikit saja kotoran debu/sisa las masuk kedalam dapat membuat kompresor macet/rusak (reff: QC PT Sanyo compresor)kebetulan ada teman yang kerja di Sanyo compresor. kompresor tidak ada jaminan garansi dari pabrik bila sudah di las yang memberikan garansi yah Tukang AC sendiri, kalau sampai gagal dalam pengelasan dan kompresor macet (mati) resiko deeh….bukannya untung malah buntung.., bila di isi freon tekanan semakin turun Analyzer menunjukan hingga ke angka minus 30 ~ minus 40 psi itu tandanya pada pipa kapiler mampet dan kompresor akan vakum
Penyebabnya:
1. kotoran masuk ke kompresor
2. pipa kapiler dan strainer mampet
cara mengatasinya:
1. Dinginkan kompresor dengan kain lap yang sudah di rendam
2. Lepaskan kembali las pipa yang menghubung ke kompresor.
3. Ganti saringan/strainer dan pipa kapiler
4. Bersihkan jalur pipa outdoor dan indoor dengan R11 lakukan cara flushing
5. setelah semua sudah oke lakukan pengelasan (amplas terlebih dahulu permukaan yang akan di las)tutup lubang kompresor (high dan low press).
6. Pada saat akan mengelas pipa kapiler masukan pipa kapiler 2,5cm ~ 3cm ke dalam pipa ataupun strainer, karena pipa ini sangat tipis dan kecil sekali lubangnya sehingga bila terlalu lama pada saat pengelasan pipa ini akan merapat (lumer).
7. instalai kompresor sudah benar lakukan pemakuman dengan vakum compresor bila belum punya vakum compresor lakukan vakum body caranyaklik di sini Demikianlah kira-kira penjelasan dari saya semoga dapat membantu, bila berhasil jangan lupa loyaltinya untuk CV Kharisma Pratama hikkss… (Sukses Bro…)

Droop Voltage 

Akhir-akhir ini tegangan PLN sedang mengalami droop voltage ini akan mempengaruhi kinerja elektronik termasuk Air Conditioner (AC) bahkan ada surat edaran dari PLN yang menganjurkan untuk menggunakan stabilizer servo motor (regulated voltage) untuk menghindari terjadinya kerusakan pada alat-alat elektronik. Bukan hanya jalanan di Ibukota saja yang bisa macet kompresor AC pun bisa juga mengalami macet karena tegangan PLN drop <220. misalnya: AC merk Crystal 1 PK 9000 BTU,tegangan 220 volt, curent amper 4,1 amp dan dengan ukuran freon normal 65 psi.
pada saat kondisi tegangan turun hinga 175 volt maka curent amper yang di hasilkan menjadi 5,1 hingga 6 amper ukuran freon meningkat menjadi 80~90 psi otomatis pengaman kompresor (overload) akan reaksi memutus arus yang masuk. bila kompresor macet alhasil AC tidak akan dingin, mungkin tulisan yang sedikit ini dapat membantu anda untuk mendapatkan kesejukan udara di ruang anda, dan mengetahui permasalahn AC. Bila AC di rumah sudah mulai tidak dingin segera hubungi Tekhnisi AC terdekat di rumah, perlu di ketahui penyebab-penyebab kenapa AC tidak dingin..?
1. Indoor AC bocor (banyak keluar air dari indoor)
– Kurang Freon tanda yang paling gampang di lihat adalah pada ke 2 pipa AC indoor dan outoor bannyak di penuhi dengan ES (menggumpal seperti salju).bila pipa kecil AC terjadi gumpalan es tanda kurang freon namun bila pipa besar yang di gumpali ES artinya AC sudah kotor dan perlu di bersihkan jadi tak perlu tambah freon.
2. Indoor dan outdoor menyala (tapi AC tidak dingin)
– kompresor tidak bekerja Check kapasitor kompresor ukur dengan multi meter skala mikro apakah masih bagus.
– Check overload kompresor dengan mulimeter dengan skala ohm Ganti semua komponen yang tersebut di atas dengan yang baru sesuai dengan ukurannya, AC 1/2 PK menggunakan Kapasitor kompresor 15 -20 mikro, AC 3/4 dan 1 pk ukuran kapasitor nya 25-30 mikro. jangan menggunakan ukuran kapasitor yang terlalu besar karena akan membuat boros listrik di rumah kecuali kompresor AC sudah lemah bisa di dongkrak dengan kapasitor yang lebih besar. Pesan sponsor lakukan perawatan AC minimal 3 bulan sekali agar udara di ruangan anda tetap sejuk dan bersih.

Temperatur
Sudah beberapa hari ini vakum karena kesibukan diluar namanya juga tukang AC buat ke warnet gak punya duit.. akhirnya bisa juga kesempatan buat posting AC lagi nihh..kali ini tentang Temperatur. Temperatur adalah intensitas panas atau batas panas suatu benda temperatur tidak mengukur jumlah panas di dalam suatu benda, temperatur hanya menunjukan berapa panas atau berapa dingin suatu benda. Alat ukur temperatur di sebut Termometer Skala-skala temperatur Skala thermometer yang paling populer dalam sistim metric adalah celsius, disebut juga skala centrigade. Dalam sistim Britis/inggris satuan temperatur menggunakan satuan Fahrenheit, sedangkan pada sitim S.I metric digunakan satuan kelvin. Pada skala temperatur celcius dan fahrenheit berikut ini akan dijelaskan dan di hubungkan dengan temperatur es mencair serta titik didih air.
– Celcius: Pada skala celsius titik cair es atau titik beku air adalah 00c. Titik didih air 1000C ada seratus spasi atau tingkatan skala antara titik beku dan titik didih air pada thermometer celsius.
– Fahrenheit: Pada thermometer fahrenheit titik beku air dan titik cair es adalah 320F, Titik didih air adalah 2120f. Satuan-satuan jumlah panas seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa thermometer hanya mengukur intensitas panas bukan jumlah panas, namun demikian dalam berhubungan dengan panas perlu di ketahui juga satua-satuan jumlah panas. Beberapa satuan jumlah panas yang sering di gunakan adalah : -Sistem metric menggunakan satuan calorie (cal) atau kilocalori(kcal) Calorie(cal): jumlah panas yang di butuhkan/dibuang untuk menaikan/menurunkan temperatur air sebanyak 1gram ! C adalah 1 cal. Kilocalorie(kcal): Jumlah panas yang dibutuhkan/dibuang untuk menaikan/menurunkan temperatur air sebanyak 1 kg, sebesar 1 C adalah 1 kcal. -Sistem S.I metric menggunakan satuan joule (J) atau kilojoule(KJ) Kilojoule: Jumlah panas yang dibutuhkan/dibuang untuk menaikan atau menurunkan temperatur air sebanyak 1 kg, sebesar 1 oC adalah 4,186 kj.
-Sistem inggris menggunakan satuan British Thermal Unit (BTU) British Thermal Unit (BTU): Jumlah panas yang di butuhkan untuk menaikan dan menurunkan temperatur air sebanyak 1 lb sebesar 1 oF adalah 1 BTU Perhatikan di name plat indoor AC biasanya terdapat keterangan lebih specifik misalnya: AC merk ANU (biar gak promosi) tercantum kapasitas AC 5000 BTU/H biasanya orang menyebut dengan AC 1/2 PK.AC 7000 BTU/H (AC 3/4 PK) dst nya…, semakin besar jumlah BTU maka akan semakin cepat suhu udara dingin yang tercapai, perlu di sesuaikan juga ukuran ruangannya. cara menghitung berapa PK yang kita butuhkan agar ruangan mendapatkan udara yang sejuk. Rumusnya: (Panjang X lebar) X 450 fpm(feet per minute) dibagi 9000 BTU Contoh soal: luas kamar 9 m X 450 : 9000 = 0,45 (4500 BTU) jadi untuk ukuran kamar dengan luas 9 meter menggunakan AC 1/2 PK
*U/ kondisi ruangan standart* bila terdapat bermacam-macam alat elektronik dan listrik maka AC nya harus lebih besar lagi BTU nya agar siklus udara ruang AC dapat terjaga , karena dari benda-benda tsb menghasilkan beban panas (Arab saudi kalee) bisa juga dengan memakai perhitungan Panjang x Lebar x (Tinggi/3) x 0,07 mis : 3 x 3 x(2,5/3) x 0.07 = 0,525 (5250 BTU) pembulatan 5000 BTU atawa 1/2 PK. walaah jadi kembali ke zaman sekolah lagi nih belajar Fisika kata Richarie ..hikkss..terserah deh mau bilang apee..yang penting dalam hidup kita harus belajar dan terus belajar saling bertukar Informasi Raihlahcita-citamu setinggi Moenas (opppss..langit) biarkan kucing miaw’s mengeong kafilah tetap berlalu. Kritik dan saran sangat membantu buat Gubuk AC ini yang masih dalam taraf belajar.

Beban Panas Ruang AC 

Panas adalah salah satu bentuk energi, panas memiliki kaitan erat dengan getaran atau gerakan molekul. Molukel adalah bagian atau partikel suatu benda. Apabila benda di panaskan, molekul akan bergerak cepat, sedangkan apabila di dinginkan molekul akan bergerak lambat. Apabila seluruh panas di hilangkan, maka seluruh gerakan molekul berhenti. – panas dapat mengalir dari suatu benda yang lebih panas ke benda lain yang lebih dingin.
– Panas dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain melalui sah satu metoda berikut ini :
1. Radiasi – Metoda perpindahan panas radiasi adalah panas berpindah melalui gerakan gelombang cahaya, tidak membutuhkan zat atau benda lain sebagai penghantar panas

2. Konduksi – Metoda perpindahan panas konduksi adalah panas berpindah melalui benda padat, perpindahan panas secara konduksi ini juga untuk panas yang berpindah dari suatu benda padat lainnya dengan syarat kedua benda padat tersebut saling berhubungan atau kontak langsung.

3. Konveksi – Panas dapat berpindah melalui metoda perpindahan panas konveksi, yaitu perpindahan panas melalui molekul udara atau zat cair. Panas yang ada dalam ruang AC selain datang dari sumber panas yang ada dalam ruangan, datang dari luar ruangan. sumber panas terbesar adalah Matahari. Panas matahari masuk ke dalam ruangan melalui jendewla, dinding, langit-langi(atap) serta melalui lantai, sedangkan yang dari dalam ruangan adalah panas penghuni (manusia) dan panas alat alat elektronika(lisrik)

Vakum Body (compressor) 

Pada Bab yang lalu telah di bahas cara mengganti kompresor setelah kompresor diganti dengan yang baru kita checking terlebih dahulu apakah kompresor yang telah di pasang tidak mengalami kebuntuan (macet,mampet), check high press dan low press nya. Setelah di pastikan kompresor AC yang telah terpasang berfungsi dengan baik maka kita sambung outdoor unit dengan pipa AC ke treeway pulve kecil dan besar. Persiapkan Tabung refrigerant R22 untuk pengisian freon, sebelum freon di isi lakukan pemakuman kompresor dengan mesin vakum atau bisa juga dengan pemakuman secara manual biasa di sebut vakum body, vakum body hanya di lakukan untuk AC split ukuran 1/2 PK ~ 2 PKjika Ac di atas 2PK gunakan mesin vakum untuk hasil yang maximal.
Berikut ini adalah cara vakum body (vakum kompresor):
1. Pasang selang warna biru pada pentil pengisian freon dan selang warna kuning pada tabung freon(posisi kedua kran pada manifold tertutup penuh).
2. Buka penutup kran nepel (pipa besar) yg ada pada samping kanan kran nepel outdoor unit.
3. Masukan kunci L pada kran (pipa besar) dan putar kekanan(posisi klep nepel ditutup).
4. Operasikan AC split dan tunggu sampai outdoor mendapat supply listrik dari indoor unit.
5. setelah outdoor unit beroperasi, lepaskan selang warna biru dari manifold, angin/udara yang berada pada pipa dan kompresor akan keluar dari ujung selang warna biru dan tunggu sampai angin tidak keluar lagi (habis)
6. Setelah tidak ada angin/udara yang keluar dari ujung selang warna biru, pasang kembali ujung selang warna biru ke manifold, lalu putar ke kiri kunci L yg berada pada kran nepel 3/8(posisi kran nepel terbuka penuh).

 7. isi freon dengan memutar kran manifold warna biru kearah kiri sambil melihat jarum manifold untuk memastikan berapa freon yg sudah masuk kedalam sistem pendingin/ac split. pada waktu pengisian freon lakukan secara bertahap jangan sekaligus dalam waktu singkat, agar tidak merusak klep compressor.Lihat halaman cara mengisi freon Lakukan pemakuman kompresor AC split hingga angka pada manifold gauge minus 30(-30) kira kira membutuhkan waktu 30 menit.
Semoga bermanfaat.

One thought on “Tips merawat AC, Droop Voltage, Temperatur, Beban Panas Ruang AC, Vakum Body (compressor)

  1. Mau tanya. Ac 3/4 pk saya kurang maksimalndinginnya. Voltage 197 volt, 2,7 ampere, tekanan freon 75 psi.

    Tolong dibantu diagnoasa kesalahannya dimana ya? Terima Kasih.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s